Aplikasi Mobile


Daftar Isi
A. Pengaturan Aplikasi
B. Log-In/Sign-In
C. Tampilan Aplikasi Mobile
1. Daftar Menu (Drawer)
2. Daftar Dokumen berdasarkan Status
3. Detail Dokumen
D. Pengaturan Private
E. Log-Out/Sign-Out


Aplikasi Mobile AsetKita, memungkinkan Anda melakukan pelacakan atau audit aset di lokasi tempat aset berada, meskipun berada jauh dari lokasi pusat data.

Dalam pelacakan aset, aplikasi mobile AsetKita menggunakan kamera internal untuk memindai label QR Code. Pastikan smartphone yang Anda pergunakan diperlengkapi dengan kamera internal. Atau sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan perangkat Scanner eksternal yang dihubungkan ke smartphone, untuk kualitas pemindaian label QR Code yang lebih baik.

Aplikasi Mobile AsetKita tersedia dalam dua pilihan, untuk smartphone dengan platform Android dan iOS.
(Klik tombol berikut untuk mendapatkan Aplikasi Mobile AsetKita)


A. Pengaturan Aplikasi

Disediakan pengaturan Aplikasi yang dapat diatur tanpa perlu login terlebih dahulu, yang kedepannya akan disebut sebagai Pengaturan Publik. Klik tombol PENGATURAN untuk mengakses pengaturan publik.

Klik Pengaturan untuk akses Halaman Pengaturan
Tampilan Halaman Pengaturan

Tersedia 5 Pengaturan Publik, sebagai berikut:

  1. Pengaturan API URL
    Untuk mulai menggunakan aplikasi, Anda dapat mengarahkan API URL ke http://domain-ip/. Tetapi pada umumnya, Anda tidak perlu mengubah API URL ini, karena aplikasi sudah menyimpan pengaturan domain-ip secara default.
  2. Pilihan Scanner
    Disediakan 2 pilihan media Scanner yang dapat Anda pilih, yaitu:

    1. Menggunakan Kamera Internal, atau
      Jika Anda memilih media Scanner dengan menggunakan Kamera Internal, aplikasi akan secara otomatis menjalankan Kamera Internal Smartphone pada saat Scan Aset.
    2. Menggunakan Scanner Eksternal (via Bluetooth/On-The-Go usb)
      Jika Anda memilih media Scanner dengan menggunakan Scanner Eksternal baik Scanner yang menggunakan Bluetooth atau terkoneksi OTG, aplikasi akan secara otomatis menjalankan perangkat Scanner Eksternal ketika Scan Aset dilakukan.

      Pilihan Scanner Eksternal
  3. Metode Scanner
    Pilihan Metode Scanner ini hanya tersedia jika Anda memilih Internal Kamera sebagai Pilihan Scanner. Tersedia 3 pilihan metode Scanner, yaitu: Metode 1, Metode 2 & Metode 3. Metode 1 merupakan pilihan default. Perbedaan dari ketiga metode hanya pada tingkat responsive kamera internal pada saat Scan Aset, silahkan pilih metode yang paling sesuai dengan tingkat responsive kamera internal Anda.

    Pilihan Metode Scanner menggunakan Internal Camera
  4. Uji Coba Scanner
    Anda dapat uji coba Metode Scanner yang Anda pilih di fitur Uji Coba Scanner ini. Klik pilihan Uji Coba Scanner, lalu arahkan  Kamera Internal ke Barcode atau QR Code. Jika Aplikasi dirasa kurang responsive dalam membaca kode, pilih Metode Scanner yang lain dan ulangi Uji Coba Scanner hingga didapatkan Metode Scanner yang paling sesuai.

    Tampilan Uji Coba Scanner
  5. Opsi Layar Selalu Menyala
    Aktifkan Opsi Layar Selalu Menyala untuk menjaga layar smartphone Anda tetap menyala selama Aplikasi dalam keadaan aktif. Secara default, opsi ini selalu diaktifkan.

B. Log-In/Sign-In

Untuk mulai menggunakan Aplikasi Mobile AsetKita, masukkan (1) Username/Email dan (2) Password. Dan klik (3) LOGIN. Jika Username dan Password sesuai dan terdaftar, Anda akan diarahkan ke halaman Daftar Audit Aset.

Catatan: Jika Anda mengalami kendala pada saat Log-In, silahkan hubungi Administrator.

Tampilan Halaman Login
Tampilan Halaman Audit Aset

C. Tampilan Aplikasi Mobile


1. Daftar Menu (Drawer)

Setelah berhasil Log-In/Sign-In, klik Menu icon pada pojok kiri atas untuk menampilkan Daftar Menu.

Klik Menu untuk menampilkan Daftar Menu

Daftar Menu terdiri dari 4 bagian, yaitu:

  1. Informasi Nama & Username
    Menampilkan informasi Nama User & Username.
  2. Audit Aset
    Halaman Audit Aset merupakan halaman default yang menampilkan Daftar Dokumen Audit Aset. Dokumen Audit Aset yang ditampilkan dipisahkan menjadi 2 bagian, yaitu: (1) Dokumen Audit yang BELUM DIPROSES, dan (2) Dokumen Audit yang DALAM PROSES.
  3. Pengaturan
    Halaman Pengaturan yang berisi pengaturan aplikasi yang beberapa sebelumnya telah dibahas di section Pengaturan Publik.
  4. Keluar
    Untuk keluar dan berhenti menggunakan aplikasi.

2. Daftar Dokumen berdasarkan Status

Halaman Audit Aset menampilkan semua Dokumen Audit beserta informasi No. Dokumen, Nama Dokumen, Tgl Submit Dokumen & Lokasi Tujuan Audit. Dokumen Audit dibedakan ke dalam 2 tab berbeda berdasarkan statusnya:

  1. BELUM DIPROSES
    Tab BELUM DIPROSES menampilkan semua Dokumen Audit yang belum diproses, ditandai dengan ikon (🔒).

    Tampilan Halaman Dokumen Belum Diproses
  2. DALAM PROSES
    Tab DALAM PROSES menampilkan semua Dokumen Audit (1) SEDANG DALAM PROSES yang ditandai dengan ikon loading () atau (2) SUDAH SELESAI DIPROSES yang ditandai dengan ikon (P).

    Tampilan Halaman Dokumen Sedang Diproses

    Tampilan Halaman Dokumen Selesai Diproses

3. Detail Dokumen

Pilih Dokumen Audit yang diinginkan pada halaman Daftar Audit Aset untuk melihat Detail Dokumen. Pada halaman Detail Dokumen, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

Detail Dokumen Audit
  1. Navigasi halaman Daftar Aset berdasarkan Status Stocktaking.
    • Ringkasan

      Halaman Ringkasan Dokumen
    • Daftar Aset Telah Discan

      Daftar Aset Telah Discan
    • Daftar Aset Dari Lokasi Lain

      Daftar Aset Dari Lokasi Lain
    • Daftar Aset Disposal Ditemukan

      Daftar Aset Disposal Ditemukan
    • Daftar Aset Beda PIC

      Daftar Aset Beda PIC
    • Daftar Tambah Aset Baru

      Daftar Tambah Aset Baru
    • Daftar Aset Belum Discan

      Daftar Aset Belum Discan
  2. Tombol aksi (Kirim Data Audit, Batalkan Audit, Ekspor Data Audit dalam bentuk Excel & Download Gambar Aset).
  3. Detail Informasi Dokumen Audit.
  4. Rangkuman Jumlah Aset berdasarkan Status Stocktaking
  5. Tombol Pencarian Aset
  6. Tombol Scan Aset

D. Pengaturan Private

Pengaturan private adalah pengaturan yang hanya dapat diakses jika Anda telah berhasil Log-In/Sign-In ke dalam Aplikasi. Pilih Pengaturan pada Daftar Menu, untuk mengakses pengaturan private ini. Opsi yang terdapat pada Pengaturan Publik sebelumnya juga kembali disediakan.

Halaman Pengaturan Aplikasi

Berikut opsi Pengaturan Private yang tidak terdapat pada Pengaturan Publik:

  1. Sinkronisasi Pengaturan
    Opsi ini dapat Anda pergunakan untuk sinkronisasi pengaturan jika terdapat perubahan pada pengaturan di aplikasi Website. Tekan opsi ini, lalu tunggu beberapa saat hingga proses sinkronisasi selesai dilakukan. Untuk menggunakan opsi ini, Anda diharuskan terhubung ke jaringan.
  2. Amankan Database
    Opsi Amankan Database dapat Anda pergunakan jika Anda hendak menyalin/backup data Aplikasi ke penyimpanan eksternal. Database disimpan ke penyimpanan eksternal dalam format file *.sql.
  3. Hapus Semua Data
    Opsi Hapus Semua Data dapat Anda pergunakan jika Anda hendak menghapus semua data kecuali data log-in. Hapus Semua Data tidak boleh dilakukan sembarangan, karena data yang telah dihapus menggunakan opsi ini tidak dapat di-recover.

E. Log-Out/Sign-Out

Untuk keluar atau berhenti menggunakan Aplikasi, pilih menu Keluar yang terletak di kiri bawah pada daftar menu. Anda akan diarahkan kembali ke halaman Sign-In.

Tekan Keluar untuk keluar Aplikasi