How Can We Help?
You are here:
Print

Pengelolaan User

Daftar Isi
A. Pendaftaran User Baru
B. Pengaturan Profil User
C. Pengaturan Password User
D. Pengaturan Hak Akses User
E. Pengaturan Penanggung Jawab


User atau Pengguna pada bagian ini berbeda dengan entitas Pengguna yang telah dibahas pada bagian Pengelolaan Master Data sebelumnya. Pengguna yang dimaksudkan adalah pengguna yang diberikan hak untuk mengelola dan menggunakan aplikasi AsetKita, dan yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Aset dan transaksi atasnya.

Untuk mengakses halaman User Management, silahkan pilih menu User Management pada grup menu Setting.

Pilih menu User Management untuk Pengelolaan User

A. Pendaftaran User Baru

  1. Pada halaman Pengaturan User/User Management, klik tombol Tambah User.
    Klik Tambah User untuk mendaftarkan User baru
  2. Anda akan diarahkan ke halaman Tambah User. Lengkapi form Tambah User, yang terdiri atas informasi, sebagai berikut:
    • Email, harap isi informasi email user dengan alamat email yang valid, dikarenakan User akan diinfokan melalui email.
    • Username
    • Nama
    • Panggilan
    • Password
    • Ulangi Password
  3. Pilih Hak Akses User di kolom Role User.
    Form Tambah User
  4. Pilih Penanggung Jawab atas User pada dropdown Penanggung Jawab. User dapat didaftarkan untuk lebih dari satu Penanggung Jawab.
  5. Klik Simpan untuk mengkonfirmasi pendaftaran User.
    Klik Simpan untuk mengkonfirmasi pendaftaran User
  6. Jika User berhasil didaftarkan, user yang didaftarkan akan ditampilkan pada Daftar User, dengan status Belum Aktif. User  belum memiliki akses ke AsetKita sampai Verifikasi Email dilakukan.
    User yang berhasil didaftarkan akan ditampilkan pada Daftar User
  7. User akan mendapatkan Email Verifikasi untuk konfirmasi bahwa Email yang digunakan aktif. Klik Link Verifikasi yang tercantum di Email, untuk verifikasi pendaftaran.

    Klik Link Verifikasi untuk konfirmasi Email yang digunakan
  8. Jika User berkendala dalam mendapatkan Email Verifikasi, verifikasi juga dapat dilakukan oleh Admin. Klik tombol Aktifkan di Daftar User untuk verifikasi user.

    Klik tombol Aktifkan untuk verifikasi User dari sisi Admin
  9. User yang telah melakukan verifikasi, kini berstatus Sudah Aktif. Kini, User dapat mulai menggunakan aplikasi AsetKita.
    Status User kini berubah menjadi Sudah Aktif

B. Pengaturan Profil User

Anda sebagai Administrator dapat mengubah informasi profil User. Klik tombol Ubah di pojok kanan kolom Aksi untuk mengarahkan Anda ke halaman User Profil.

Klik tombol Ubah untuk mengubah Informasi User

Berikut langkah-langkah dalam mengubah Profil User:

  1. Klik Profil.
  2. Pastikan Email dan Username sesuai. Ubah Nama sesuai dengn yang dikehendaki.
  3. Tentukan Panggilan.
  4. Klik tombol Simpan.
Form Ubah Profil User

 


C. Pengaturan Password User

Selain mengubah pengaturan Profil User, Anda juga dapat mengubah Password User. Klik tombol Ubah di pojok kanan kolom Aksi untuk mengarahkan Anda ke halaman User Profil.

Klik Ubah untuk mengubah Informasi User

Berikut langkah-langkah dalam mengubah Password User:

  1. Klik Ubah Password.
  2. Pada form Ubah Password, tentukan Password baru yang dikehendaki di kolom New Password.
  3. Konfirmasi kembali Password baru tersebut pada kolom Ulangi Password.
  4. Klik tombol Simpan.
Form Ubah Password User

Catatan: User juga dapat melakukan pengubahan profil dan password secara mandiri, dengan mengakses menu Profil pada grup menu Setting.

 


D. Pengaturan Hak Akses User

  1. Aktifkan / Tutup Akses Sign-In Aplikasi

    Secara default, setiap pendaftaran user baru akan secara otomatis memberikan Akses bagi user untuk Sign-In dan menggunakan Aplikasi AsetKita.

    Untuk menutup akses, klik TUTUP AKSES pada kolom Aksi.

    Klik TUTUP AKSES untuk blokir akses User


    User yang ditutup aksesnya, tidak dapat Sign-In ke dalam Aplikasi. Sebaliknya, klik AKTIFKAN AKSES untuk membuka kembali akses.

    Klik AKTIFKAN AKSES untuk membuka blokir User

Pengaturan Hak Akses Pengelolaan Aset & Transaksi

Anda sebagai Administrator juga dapat mengatur hak akses user atas pengelolaan aset dan transaksi. Klik tombol Pengaturan Hak Akses di kolom Aksi untuk mengarahkan Anda ke halaman Pengaturan Hak Akses.

Klik tombol Ubah untuk mengarahkan ke halaman Pengaturan Hak Akses

Berikut langkah-langkah dalam mengubah Hak Akses User:

  1. Klik menu Role user
  2. Pada form Ubah Role User, pilih Hak Akses yang dikehendaki di kolom Role User.
  3. Klik tombol Simpan.

Pilih Hak Akses di kolom Role User

 


E. Pengaturan Penanggung Jawab

User dapat bertanggung jawab atas satu atau lebih Penanggung Jawab. Berikut langkah-langkah untuk memberikan atau mencabut akses Penanggung Jawab dari dan ke User:

  1. Sorot User yang dikehendaki. Klik tombol Daftar PIC di kolom Aksi.
    Klik tombol Daftar PIC
  2. Untuk memberikan Akses Penanggung Jawab ke User, pilih Penanggung Jawab yang dikehendaki di kolom Daftar PIC sebelah kiri. Dan untuk mencabut Akses Penanggung Jawab dari User, pilih Penanggung Jawab yang dikehendaki di kolom PIC yang sudah didaftarkan sebelah kanan.
  3. Klik tombol Move All untuk memberikan akses atas semua PIC Aktif yang tersedia.
  4. Klik PIC yang dikehendaki, kemudian klik tombol Move Selected untuk memberikan akses atas PIC yang dipilih.
  5. Klik PIC yang dikehendaki, kemudian klik tombol Remove Selected untuk mencabut akses atas PIC yang dipilih.
  6. Klik tombol Remove All untuk mencabut akses dari semua PIC Aktif yang sudah didaftarkan.
  7. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan.

    Langkah-langkah memberikan atau mencabut akses Penanggung Jawab
Table of Contents